Kelompok Kampungan - Mencari Tuhan (1980)

Gua rasa macam perlu juga gua tulis pasal band dan album ini. Kelompok Kampungan adalah sebuah kugiran kelahiran Yogyakarta, Indonesia. Setelah gua layan sehingga naik muak, gua terpikir betapa advance nya Kelompok Kampungan dalam berkarya sejak pertengahan 70an lagi. Menarik juga mengkaji progres band yang membawa konsep Progresif Rock/Folks ini. Gabungan music2 seperti folks, blues, jazz, klasikal dan etnik Indonesia menjadi intipati music Kelompok Kampungan. Beberapa fakta berkenaan Kelompok Kampungan juga menarik untuk gua share kan bersama anda dalam entry ini. Paling gila master copy rakaman bertajuk Mencari Tuhan ini musnah terbakar ketika rusuhan besar 1998 dahulu dan rilisan pertama nya oleh Akurama Records.

Bram Makahekum (lead vocals, acoustic guitar)
Edi Haryono (Java & Arabian percussions)
Agus Murtono (violin, Bali percussions, cabassa)
Rudra Setiabudi (flute, oboe, guitars, Java percussions)
Agus Salim (cello, Java gamelans)
Kelik (acoustic guitar, Java percussions)
Joko Surendro (violins, guitar, Java gamelans)
Areng Widodo (bass, Java gamelans)
Doddy Precil (backing vocals, percussions)
Sawung Jabo (vocals, acoustic guitar, percussions)
Innisisri (Bali drums, drum kit, percussions)
Bujel (flute, gong )


Tracklist :

(KLIK untuk membaca lirik)

Ok, untuk mencari info berkenaan rakaman album Mencari Tuhan (1980) ini gua terpaksa juga minta pertolongan google..hahaha.. Ok Mencari Tuhan (1980) melalui proses rakaman di Gelora Seni Jakarta. Antara nama2 yang gua jumpa terlibat dalam hal2 teknikal rakaman adalah Mas Toni, Andy, Herman, Annes dan dibantu oleh Rick Warsiman.


Keunikan music yang dihasilkan didalam Mencari Tuhan adalah campuran instrument2 yang merupakan based on kayu, besi, botol, kulit dan apa2 saja. Ada yang di pukul dan ada yang ditiup. Ia nya bersifat akustik (mungkin istilah paling sesuai).

Selain dari music yang unik, lirik2 protes, rebel menjadi senjata utama Kelompok Kampungan.Dari pembacaan dan kajian gua yang x seberapa ini, gua dapati apa yang dihasilkan Kelompok kampungan dari segi liriknya adalah apa yang terfikir oleh mereka sebagai anak kampung, ekspresi terhadap sosio budaya, permasalahan ekonomi serta politik setempat.


Seperkara lagi yang membuatkan Kelompok Kampungan agak menarik adalah imej yang ditampilkan agak berlainan dari apa yang selalu dilihat dipakai oleh mereka2 yang bergelar artis solo atau berkumpulan. Jati diri agak kuat! Ya diakui sendiri oleh Bram Makahekum selaku mastermind dalam band ini, mereka adalah anak2 kampung yang sampai satu ketika aura music nya dianggap sebagai "penggugat"


Kelompok Kampungan - Mencari Tuhan (1980) dikeluarkan kembali dalam format vinyl (700 copies) dan cakera padat (1000 copies) sahaja. Sebuah label bawahtanah tempatan pernah menjual album berformat vinyl ini di Malaysia. Dan terima kasih diucapkan kepada Strawberry Rain Records label dari Canada yang mengeluarkan kembali album ini. Difahamkan juga apa yang boleh didengari dari CD dan LP yang dikeluarkan kembali ini adalah dari saringan sejumlah LP yang dipungut dan ini adalah sound terbaek yang dapat dikongsi bersama.

Kelompok Kampungan - Bung Karno

* Kredit :
- Imej
- Lirik
- Video
- Label (Strawberry Rain)

0 feedbacks: